Kamis, 03 Desember 2009

Taman Nasional G. GEde Pangrango

T

Ditunjuk sebagai taman nasional sejak tahun 1980 dengan luas wilayahnya sekitar 15.196 Ha. Secara administratif pemerintahan termasuk Kabupaten Bogor, Sukabumi dan Cianjur, Propinsi Jawa Barat.


Cara mencapai lokasi :

o Jakarta - Bogor - Cibodas, ± 100 km (±; 2,5 jam)
o Bandung - Cipanas - Cibodas, ± 89 km (± 3 jam)
o Bogor - Selabintana/Situgunung, ± 60/75 km (± 2 jam)


Potensi Kawasan :

Topografi kawasan merupakan pegunungan dengan ketinggian antara 1.000 - 3.000 m dpl. Dengan puncak tertinggi G. Pangrango (± 3.019 m dpl.) dan G. Gede (± 2.958 m dpl). Suhu udara rata-rata di puncak gunung antara 10° -18° C pada siang hari dan pada malam hari 5° C. Musim hujan berlangsung pada bulan Oktober s/d Mei dengan curah hujan rata-rata per bulan 200 mm dan meningkat sampai 400 mm pada bulan Desember s/d Maret.

Terdiri dari tipe ekosistem sub montana, montana, sub alphin, danau, rawa dan savana, dengan jenis flora antara lain Rasamala (Altingia excelse), Jamuju (Podocarpus imbricata), Puspa (Schima walichii), Eidelweiss (Anaphalis javanica), Lumut merah (Spagnum gedeanum) dan lain-lain.
Beberapa satwa langka antara lain Owa (Hylobates moloch), Surili (Presbytis comata), Lutung (Traachypitheus auratus), Kijang (Muntiacus muntjak), Macan tutul (Phantera pardus), Anjing hutan (Cuon alpinus) dan lain-lain. Tidak kurang dari 130 jenis burung yang terdapat di kawasan ini yaitu 12 di antaranya merupakan jenis endemik di Pulau Jawa antara lain Burung matahari (Crocias albonotatus) dan Burung kuda (Psaltria exilis) serta burung langka Elang Jawa (Spizaetus bartels).


Kegiatan yang ditawarkan :

o Penelitian.
o Pendidikan.
o Pendidikan konservasi.
o Rekreasi dan pariwisata alam.
o Pengamatan burung.


Fasilitas yang tersedia :

Kantor, wisma tamu, pondok kerja, bumi perkemahan, shelter, dermaga, pusat informasi, wisma cinta alam, canopy trail (sedang dibangun), pemandu wisata dan lain-lain.

Informasi lainnya :

o Belum ada pengusahaan pariwisata alam
o Ditunjuk oleh UNESCO sebagai paru-paru dunia (cagar biosfir)

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Keanekaragaman Hayati
Obyek Wisata
Tertib Kunjungan


Alamat : Jl. Raya Cibodas PO Box 3 Sindanglaya
Cipanas, Cianjur Jawa Barat
Telp./Fax. (0255) 512776

Tidak ada komentar:

Posting Komentar